install driver printer epson tx121 di ubuntu

hari ini saya diajak teman saya untuk hunting printer ,ternyata dia pengen seperti printer saya yaitu printer epson tx111 tetapi printer tersebut sudah tidak di produksi dan muncul tipe baru yang mungkin hampir sama dengan printer saya yaitu epson tx 121 gambarnya di bawah ini :

 

setelah di kasih inject kita bawa kerumah dan kita install drivernya di ubuntu mas petrik

1. anda harus memastikan apakah anda mempunyai cups untuk ubuntu 10.04 kayaknya sudah ada bawaannya untuk memastikan apakah cups service cups nyala silahkan buka alamat ini di browser anda : http://localhost:631/

kalau memang sudah terinstall tetapi belum hidup tinggal di command di terminal : $sudo /etc/init.d/cups start

dan kalau belum terinstall tinggal kasih command di terminal : $sudo apt-get install cups

2. setelah proses mengidupkan cups maka kita tinggall download driver epson tx121

di alamat : http://www.avasys.jp/lx-bin2/linux_e/spc/DL1.do

lalu pilih seperti gambar

setelah memilih itu anda memilih distibusi operating sistem anda

misal yang saya pakai ubuntu 10.04

tinggal kita download driver printernya dan driver scanner nya

diatas adalah driver printer

diatas adalah driver scannernya

3. setelah drivernya di download sekarang kita install driver printernya dulu

ekstrak dulu dan hasilnya akan seperti ini : pips-snx110-ubuntu8.04-3.8.0-CG.install

tinggal di klik 2 kali lalu run in terminal

setelah driver printernya terinstall tinggal driver scannernya tinggal di command di terminal : $sudo dpkg -i iscan_2.26.4-2.ltdl7_i386.deb

selesai sudah semua terinstall tinggal kita test printernya untuk printernya saya tidak bisa membuat testimoni tetapi untuk scannernya saya bisa membuat screenshotnya di bawah ini :

Semoga bermanfaat,thanks

4 thoughts on “install driver printer epson tx121 di ubuntu

Tinggalkan Balasan

