Ad Hoc Server Ubuntu 10.10 Client Ubuntu 10.04

Hari ini saya di ddatangi teman saya yang bernama frans petrik dia kesini bawa laptop sedangkan saya tidak mempunyai sebuah Hub untuk melakukan sharing koneksi internet,tetapi sahabat saya frasn petrik membawaide baru yaitu sebuah jaringan ad hoc wireles,di situ saya mulai penasaran sehingga saya menacari tutorial untuk melakukan sharing koneksi menggunakan jaringan ad-hoc,ternyata setelah beberapa lama googling saya mendapatkan tutorial yang cukup bagus sehingga saya men share di blog saya yang masih jelek ini langsung aja ke tutorialnya:

Dari gambar di atas bahwa adhoc sebenaranya melakukan koeksi dengan jaringan wireles masing-masing itu untuk logika dasarnya ,tetapi harus ada server yang mengatur jaringan tersebut agar client dapat mengakses sebuah jaringan internet.

langkah pertama yang harus di lakukan adalah :

System > Preference > Network Connection

pilih Wireless->add

seperti gambar di bawah ini :

Setelah anda melakukan seperti gambar di atas maka akan tampil window seperti ini :

Setting seperti gambar di atas atau sesuai dengan keinginan anda  :

lalu masuk ke wireless security :

lalu setting security : WEP 40/128-bit key (Hex or ASCII)

terus masukan key nya  misal : 12345

terus masuk ke window yang ini :

Lalu masuklah ke tab IPv4 Setting  terus ganti Method : Shared to Other Computer

lalu apply

setelah itu maka tinggal setting ke clientnya :

bukalah nettwork di atas toolbar seperti gambar di bawah ini :

lalu tinngal masukan nama network yang anda buat :maka setelah itu anda masukan key yang telah anda masukan di server tadi maka secara otomatis akan terkoneksi dengan server,oh ya jangan perhatikan gambarnya karena gambarnya copy paste tapi perhatikan logikanya,

kemarin saya menemui kendala dimana setelah di restart setting ulnag aja networknya dengan nama baru.semoga tutorial ini bermanfaat bagi semua.



Tinggalkan Balasan

