Tutorial Dasar VIM

VIM merupakan editor yang ada pada setiap sistem operasi unix/linux. Karena vim merupakan editor standar untuk sistem operasi tersebut. Layaknya notepad yang ada pada sistem operasi windows. Namun pada praktek penggunaannya, penggunaan vim tidaklah semudah ketika kita menggunakan notepad. Pada editor notepad terdapat menu bar, yang dengan menu bar itu dapat memudahkan user dalam hal
penggunaannya, baik untuk melakukan save, open file ataupun hal yang lainnya. Sedangkan apabila kita menggunakan vim, maka yang muncul hanyalah sebuah layar kosong saja, tanpa ada menu bar ataupun petunjuk-petunjuk dalam hal penggunaannya.

 

Tutorial ini ditujukan bagi para user yang ingin mengenal dasar-dasar penggunaan vim. Pastikan terlebih dahulu vim sudah terinstal pada sistem operasi anda. Lakukan pengecekan dengan cara mengetikkan perintah sebagai berikut :

[root@localhost root]#rpm -qa | grep vim

berikut merupakan output dari perintah di atas tadi :

vim-common-6.1-29
vim-minimal-6.1-29
vim-enhanced-6.1-29

Dengan output seperti itu berarti editor vim anda telah terinstal dan siap untuk digunakan. Baiklah apabila sudah siap untuk digunakan, maka lanjutkan tutorial kita ini diawali dengan mengetikkan perintah :

[root@localhost root]#vi

Maka yang akan tampil adalah sebuah layar kosong tanpa ada petunjuk apapun. Secara garis besar, vim terdiri dari dua mode. Yang pertama adalah mode perintah, dimana dalam mode ini kita bisa memasukkan perintah-perintah dalam vim, seperti pengaturan rata kiri, tengah dan kanan, pengaturan jarak spasi dan lain sebagainya. Dan mode yang kedua adalah mode insert, dimana pada mode ini kita bisa memasukkan, merubah, menambahkan ataupun menghapus kata/kalimat yang sesuai dengan yang kita inginkan. Baiklah, untuk permulaan silakan dulu untuk masuk ke mode insert, ini dilakukan dengan menekan tombol i ataupun menekan tombol insert. Setelah kita menekan tombol tersebut, maka pada layar kiri bawah akan muncul — INSERT — , ini berarti kita siap untuk menambahkan kata/kalimat. Silakan awali dengan mengetikkan kalimat sebanyak tiga baris saja.
Setelah itu dilakukan, maka sekarang cobalah berpindah ke mode perintah, dengan menekan tombol ESC. Setelah menekan tombol ESC, maka kata — INSERT — pada kiri bawah monitor anda akan menghilang, itu berarti sekarang anda telah berada pada mode perintah. Sekarang saatnya kita mulai berlatih menggunakan vim tersebut.

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
1. Menggerakkan kursor

cara 1 : ^
pad panah atas

< pad panah kiri pad panah kanan >

v
pad panah bawah

cara 2 :
^
k
< h l>
j
v

Lakukan kedua cara diatas, hingga anda lancar dalam hal menggerakkan kursor. Terus lakukan hingga anda terbiasa untuk berpindah-pindah.
~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
2. Menghapus

Dalam vim terdapat perintah-perintah untuk menghapus. Terlalu banyak waktu yang terbuang apabila kita hanya mengandalkan tombol backspace saja. Oleh karena itu dalam vim banyak perintah yang sangat disayangkan apabila kita tidak mengetahuinya. Pastikan anda berada pada mode perintah dengan menekan tombol ESC. Perintah-perintah tersebut adalah :

=> Menghapus 1 baris
Letakkan kursor pada awal baris dan ketikkan perintah sebagai berikut :

ESC
dd

dengan perintah tersebut, maka 1 baris akan terhapus. Lalu timbul pertanyaan. Bagaimana apabila kita ingin menghapus 10, 15, 200, 1000 baris. Berapa banyak perintah dd yang harus kita ketikkan? Anda tidak perlu khawatir, apaibla anda ingin menghapus banyak baris dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

ESC
22 dd

Maksud dari perintah di atas adalah, anda akan menghapus sebanyak 22 baris. Anda dapat mengganti angka tersebut sesuai dengan kebutuhan anda.

=> Menghapus hingga akhir baris
Apabila anda sedang berada di tengah-tengah kalimat, dan menginginkan untuk menghapus dari tempat kursor anda berada, maka yang perlu dilakukan adalah dengan mengetikkan perintah sebagai berikut :

ESC
d$

=> Menghapus satu kata berikut dengan spasi

ESC
dw

=> Menghapus satu kata namun spasi tidak ikut terhapus

ESC
de

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
3. Perintah UNDO

Untuk melakukan undo dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut :

=> undo

ESC
u

=> undo bolak-balik

ESC
U

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
4. Mengganti kata yang salah

Seringkali kita mengetikkan kata-kata yang salah dan untuk menghapusnya satu persatu dapat menyebabkan waktu banyak tersita oleh karena itu dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
ex : hari ini merupakan hefg Samnuh
hari ini merupakan hari Sabtu

Sekarang arahkan kursor pada kata hefg, dan letakkan kursor pada huruf e, lalu lakukan hal-hal berikut ini :

ESC
cw
ari <=> ari merupakan kata untuk melengkapi kata yang salah dari
hefg

lakukan hal yang sama untuk Samnuh!

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
5. Save dan exit

=> untuk menyimpan sebuah file :
ESC
:w

=> untuk menyimpan file yang baru :
ESC
:w
=> keluar dari vim
ESC
:q
=> keluar secara paksa
ESC
:q!
=> save file lalu keluar dari file
ESC
:wq!

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Lakukanlah langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas secara berulang-ulang. Perintah di atas tidak hanya cukup dengan disimpan di otak saja, akan tetapi harus dicoba dengan sering berlatih, sehingga nantinya akan terbiasa. Untuk tutorial vim bagian pertama ini cukup sampai disini. Berikutnya kita akan bertemu lagi dengan tutorial vim bagian kedua, insya Allah, yang akan membahas tentang perintah-perintah yang lebih advance. Terima kasih. Kritik dan sarannya ditunggu lho ya. :)

r3dluv yang belum bisa pemrograman ;)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s