install PC-BSD yuk

(Buat yang bener2x belon tau azaaa) Apa itu PC-BSD? PC-BSD merupakan modifikasi dari freeBSD (sama halnya dgn desktopBSD) yang ditujukan untuk pengguna desktop (PC/laptop), dimana freeBSD sendiri biasanya digunakan sebagai maincore server (kata mas nawie kekeke). Saya sendiri juga belon terlalu mahir *BSD, begitu jg linux:) Nah PC-BSD itu bisa disetarakan sperti UBUNTU (klo di linux) walo sbenarnya beda (saya jg gk tahu bedanya dmn hehehe). Detail tentang PC-BSD bisa dibaca disini.

Install PC-BSD tuh mudah banget, lebih susah dapetin luna maya hehehe just kidding, emang mudah kok terutama bagi pemula sperti saya, walo ada sdikit gangguan konyol saat pada burning. Disini saya gk akan menjelaskan secara detail tutorial install PC-BSD krn di website nya sudah ada tutor nya yg komplit (baca disini). Cuman saya mencoba untuk jelasin inti2x nya aza untuk dualboot dengan windows.

  1. download PC-BSD nya dolo (saya pke PC-BSD 7.0.2). nah yang perlu diperhatikan klo download hanya pada bagian media installer nya (pke CD/DVD/Flashdisk/Online) dan juga mesin PC/Laptop kita pke prosesor Intel (32bit/i386) atau AMD (64bit/AMD64).
  2. buat partisi baru pd hardisk (unformated ato formated sama aza), tapi harus merupakan bagian dari Primary (bukan logical hardisk) kalo memang ingin dualboot dengan windows. (alokasikan sekitar 6GB an utk partisi PC-BSD)
  3. burning CD hasil downlot (ISO/image) nya dan jgn sampe dapetin kekacauan konyol sperti yg saya alami :)
  4. selebihnya baca disini pada bagian Installing PC-BSD.
  5. nah pada saat Drive Selection dibagian proses install yang perlu diperhatikan adalah sperti berikut : /dev/ad0s1 yg merupakan hardisk pertama dgn partisi pertama ato /dev/ad0s2 yg merupakan hardisk pertama dgn partisi kdua atau  /dev/ad1s1 yg merupakan hardisk kdua dgn partisi pertama atau /dev/ad1s2 yg merupakan hardisk kdua dgn partisi kedua dari bagian primary (jgn sampe salah pilih bagian hardisk n partisinya klo gk mau windowsnya hangus hehehe, biasanya windows trletak pada /dev/ad0s1)
  6. Selanjutnya next2x aza dah, semua device sperti wifi n VGA trbaca otomatis terutama yang chipsetnya intel dan nvidia.

Semoga berhasil yak, nih PC-BSD saya install di laptop jadul buat belajar, saya baru aza belajar kok, maap klo ada yg salah (maklum superdupernewbie^^). Kalo pingin belajar lebih expert freeBSD bisa tanya2x ma mas nawie AKA wongedan di forum.lareosing.org hehehe.

yuuuk belajar bareng:)

Tinggalkan Balasan

